Inilah Tanaman Hias Cantik dengan Aroma Tidak Sedap

Inilah Tanaman Hias Cantik dengan Aroma Tidak Sedap – Ada berbagai jenis tanaman yang bisa dengan sangat mudah kita temui di berbagai daerah dan juga berbagai tempat, namun ternyata ada juga beberapa tanaman yang terlihat cantik namun nyatanya memiliki aroma yang menyengat.

Memandang tanaman hijau dan tanaman bunga-bungaan tentu sangat menyenangkan mata. Apalagi, jika mereka memiliki aroma wangi yang memanjakan hidung. Tentu, kita jadi betah berlama-lama menikmati mereka.

Sayangnya, tidak semua tanaman yang enak dipandang mata, juga enak dicium baunya. Setidaknya, ada lima tanaman hias yang cantik dipandang tapi berbau aneh, seperti berikut ini.

Inilah Tanaman Hias Cantik dengan Aroma Tidak Sedap
1. Sea holly (Eryngium maritimum)
Bentuk bunganya yang unik dengan warna biru yang menyegarkan memang membuat sea holly terlihat menawan. Sayangnya, di balik penampilannya yang cantik, bunga berduri ini memiliki bau yang menyengat.

Tak sedikit yang menyebutkan bau sea holly seperti bau kotoran anjing. Namun, kalau kamu ingin menyimpan bunga ini, kamu bisa mengurangi baunya dengan membilasnya menggunakan air.

2. Ginkgo (Ginkgo biloba)
Pada umumnya, perempuan suka jika tubuhnya wangi, hal ini tidak berlaku di dunia flora. Setidaknya untuk commanderkamala bunga yang satu ini. Betina dari pohon ginkgo justru mengeluarkan bau yang lebih tidak sedap daripada si jantan.

Pohon yang menghasilkan daun berwarna emas ketika musim gugur ini mempunyai betina yang mengeluarkan butyric odor (BO) pada buahnya. BO mempunyai bau yang tidak sedap untuk sebagian orang. Untung saja, si jantan yang tidak mengeluarkan buah tetap memperlihatkan keindahannya. Jadinya, kamu tetap bisa mengagumi visualisasi tanaman ginkgo ini, ya.

3. Valerian (Valeriana officinalis)
Valerian merupakan tanaman herbal yang populer sebagai penenang. Tak sedikit, ahli medis yang memanfaatkannya sebagai obat alami untuk pasien yang mengalami gangguan tidur. Bunganya yang manis dengan aroma vanila memang dapat memudahkan seseorang untuk tidur. Meski memiliki khasiat yang sama, akar valerian dikenal dengan baunya yang tajam.

Akar tanaman yang disebut “phu” ini mengeluarkan bau yang tercium seperti kaos kaki kotor. Anehnya, hewan seperti anjing, kucing, kuda, dan tikus justru tertarik dengan aroma tersebut.

4. Marigold (Tagetes spp)
Marigold dikenal sebagai tanaman hias dengan kemampuan mengusir serangga. Sayangnya, tanaman bunga ini mempunyai bau yang menyengat untuk sebagian orang.

Bahkan karena baunya ini, di masa lalu, perusahaan benih Burpee mencoba untuk mengembangkan tanaman marigold bebas bau. Namun, banyak tukang kebun yang justru menolak benih marigold ini. Menurut mereka, aroma tersebutlah yang membuat marigold autentik.

Saat ini, justru produk aroma terapi alami memanfaatkan marigold sebagai bahan bakunya. Aromanya yang unik ternyata bisa mengurangi depresi, lho.

5. Crown imperial (Fritillaria imprealis)
Bentuk bunga yang elegan dengan warna cerah membuat crown imperial terlihat sangat berkelas. Sayangnya, ini berbanding terbalik dengan aroma bunganya.

Beberapa orang menyebutkan bunga ini memiliki bau seperti fenolik dan sulfur. Ada juga yang mengatakan tanaman ini seperti cairan bau yang dikeluarkan oleh hewan sigung. Baunya akan semakin kuat tercium ketika tertiup angin.